Rabu, 06 Januari 2010

Pasang antena 3G di Bondowoso

Beberapa kali percobaan pasang antena penguat seputar surabaya dan sekitarnya tidak menemuni hambatan yang berarti, tengok kanan tengok kiri arahin antena ke BTS meskipun ngawur beres apalagi klo bisa tepat arahnya. Nah sekarang ada request pasang penguat sinyal di Bondowoso, sebuah kota kecil dengan bantuk luasan seperti mangkuk. Pasang TV mesti pakai tiang yang tinggi atau ada dana lebih pasang parabola. Bagaimana dengan sinyal HP? untuk provider seperti Telkomsel nampaknya tidak ada masalah karena BTS nya yang sudah banyak. Bagaimana dengan pengguna Indosat IM2 ? wah tantangan nih
Apa yang akan kita lakukan ini adalah mencoba menguatkan sinyal untuk mobile internet yang akan menjadi susut saat kita berada didalam rumah, gedung dll.
Setelah komputer dan modem3g sudah terhubung, coba kita lihat sinyalnya. Kartu yang saya gunakan IM2 yang 100rb perbulan, ternyata pada area yang kita coba mungkin belum tercover 3g hanya GPRS yang nampak, dapat sekitar -93 dBm menggunakan mdm atau 1-2 bar indikator sinyalnya.





Dengan kondisi sinyal seperti ini masih bisa buat browsing tapi yaitu lemotlah.
Okeylah kalau begitu.
Persiapan dilakukan, untuk tools cukup tang, obeng, kawat, kabel ties. Mestinya kita gunakan pipa besi tipe BSA berhubung mendadak terpaksa kita gunakan bambu. Tidak apalah sekedar eksperimen untuk melihat seberapa jauh penguatan yang dihasilkan. Untuk arah antena berhubung belum tahu lokasi maka kita arahkan sembarang.














Nah sekarang antena sudah naik.
Sekarang coba kita lihat penguatannya, lumayan dari -93dBM bisa menjadi -71dBm dengan ketinggian serta arah yang belum pada BTS bisa didapat penguatan 22 dBm.





Syukur and senang, baru terasa capeknya, setelah kita coba browsing wush wush yang semula lemot. Next time coba lagi ganti tiang agak lebih tinggi lalu hunting BTS Indosat yang terdekat.

0 Comments:

Posting Komentar

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online