Kamis, 07 Januari 2010

Sinyal 3G Lemot Bisa juga di Kota

Pengalaman saya selama menggunakan Mobile internet adalah bahwa tidak semua tempat mempunyai kualitas sinyal yang sama. Kondisi bangunan yang tinggi di kota besar menjadikan hambatan yang cukup berarti dalam pengiriman sinyal dari BTS.
Berikut percobaan saya.
Tempat tinggal saya berada tidak jauh dari pusat kota tepatnya surabaya selatan, kalau dilihat dari lantai atas tempat tinggal nampak beberapa provider BTS tersebar. Ok tahapan selanjutnya adalah mencoba koneksi, kartu yang saya gunakan adalah IM2. Pada awalnya saya pikir sinyalnya pasti dapat bagus karena sekitar 2-3 km nampak BTS indosat yang saya dapatkan dari peta coverage 3g Indosat. Ternyata dugaan saya salah, ketika konek hanya dapat sinyal HSDPA cuman satu bar, berikut hasil test lewat speedtest.net . Bahkan pada saat test koneksi ke speedtest.net sinyal sempat drop pada posisi Edge wah ancur nih.









Kemudian saya coba lihat lagi dari loteng, ternyata rumah saya dikelilingi oleh rumah tetangga dengan bangunan yang lebih tinggi dari rumah saya.
Tanpa pikir panjang segera saja saya pasang antena penguat dengan posisi antena yang lebih tinggi dari atap rumah. Cukup lelah pada saat pasangnya, selain hujan rintik2 yang memaksa kita harus berhati hati karena genting licin pandangan kita tetap fokus pada arah antena ke BTS Indosat. Sekarang kita lihat perubahannya.
Wow lumayan semula cuman dapat satu bar setelah dipasang antena bisa tambah menjadi 4 bar.

0 Comments:

Posting Komentar

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online